Rabu, 07 Oktober 2015

10 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia


Setiap negara di seluruh dunia pasti terus melakukan pengembangan terhadap militer negara mereka. Baik itu dari pelatihan para prajurit, pengembangan teknologi senjata yang canggih dan kendaraan-kendaraan tempur mereka yang semakin diperkuat.

Biasanya negara-negara dengan militer terkuat di dunia memiliki pengaruh besar bagi negara lainnya. Berikut seperti dilansir The Richest, 10 negara dengan militer terkuat di dunia.

10. Jepang

Meskipun tergolong negara dengan luas wilayah yang kecil, Jepang termasuk negara yang paling maju di Asia berikut dalam dunia militer mereka.

Setidaknya Jepang memiliki jumlah tentara yang masih aktif lebih dari 248 ribu orang dan 50 ribu tentara cadangan. Dengan anggaran sebesar USD 50 miliar yang dikeluarkan pemerintah Jepang dalam bidang militer, itu cukup membuat Jepang memiliki angkatan udara dan angkatan laut yang kuat. Setidaknya ada 1.595 pesawat tempur dan 130 kapal perang yang dimiliki Jepang.

9. Korea Selatan

Korea Selatan juga termasuk negara dengan militer terkuat di dunia. Mereka setidaknya memiliki jumlah pasukan sekitar 3 juta tentara termasuk dengan cadangannya. Selain itu Korea Selatan memiliki 15.000 senjata termasuk tank, sistem peluncur roket dan angkatan udaranya yang memiliki 1.393 pesawat tempur dan 166 kapal tempur.

8. Turki

Sebagai salah satu negara terkuat di Timur Tengah, Turki sudah lama mempertahankan hubungan diplomatik mereka dengan Amerika Serikat.

Turki memiliki sekitar 600 ribu tentara, termasuk yang aktif dan cadangan. Dan memliki 16.000 senjata darat dan 1.000 pesawat tempur di gudang mereka, namun pihak militer Turki membantah memiliki semua itu.

7. Jerman

Sebagai pemimpin de facto Uni Eropa, Jerman sudah tak diragukan lagi dalam bidang perekonomian dan militer.

Jerman mengatakan memiliki 180.000 tentara aktif dan 145.000 tentara cadangan. Angakatan Udara Jerman setidaknya memiliki 750 pesawat tempur super canggih dan 5.000 senjata darat yang siap memperkokoh pertahanan Jerman.

6. Prancis

Sama dengan Jerman sebagai negara Uni Eropa, Prancis memiliki anggaran besar dalam membangun angkatan militer mereka. Setidaknya USD 43 miliar digelontrokan pemerintah Prancis untuk mendanai militer mereka.

Tentara aktif dan cadangan yang dimiliki Prancis berjumlah sekitar 500 ribu orang. Dan 9.000 kendaraan tempur dan 1.000 pesawat tempur dimiliki militer Prancis. Selain itu Prancis memiliki 290 nuklir di gudang mereka. Jadi tak heran kalau Prancis masuk negara yang sangat kuat.

5. Inggris

Sekitar 205 ribu tentara, 908 pesawat tempur dan 66 kapal tempur tidak membuat Inggris lemah dalam hal kekuatan militer. Setidaknya Inggris masih memiliki 160 senjata nuklir yang membuat Inggris tetap berada di posisi negara dengan militer terkuat di dunia.

4. India

India bisa menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah pasukan terbanyak di dunia, yaitu sekitar 3,5 juta tentara. Selain itu India juga memiliki 16.000 kendaraan darat, termasuk 3.500 tank dan 1.785 pesawat tempur. Senjata nuklir yang dimiliki mereka juga semakin memperkuat kedudukan militer mereka di dunia.

3. Cina

Cina memiliki 2,3 juta tentara aktif dan 2,4 juta tentara cadangan. Dan hampir 25.000 kendaraan darat serta 2.800 pesawat tempur dimiliki negara tirai bambu ini. Selain itu Cina masih memiliki 300 senjata nuklir yang berbahaya. Jadi tak heran kalau negeri tirai bambu ini memiliki militer terkuat dan paling berbahaya di dunia.

2. Rusia

Dalam hal kekuatan militer, Rusia sudah tak diragukan lagi. Setidaknya 3 juta tentara dimiliki Rusia dan anggaran sebesar USD 76,6 milliar dikeluarkan pemerintah Rusia untuk mendanai perthanan mereka. Selain itu Rusia juga memiliki hampir 8.500 hulu ledak nuklir.

1. Amerika Serikat

Sudah pasti negara adidaya yang satu ini merupakan negara dengan militer terkuat dan paling ditakuti di dunia. Sebanyak 1,4 juta tentara aktif dan 400 ribu tentara cadangan dimiliki AS. Selain itu AS memiliki banyak pesawat dan kapal tempur yang sangat canggih. Dan yang paling pasti AS memiliki 7.500 hulu ledak nuklir.

0 komentar:

Posting Komentar