Sabtu, 18 April 2015

6 Gejala Awal HIV AIDS yang harus Diwaspadai

AIDS termasuk penyakit yang mematikan yang disebabkan oleh human immunodeficiency virus atau HIV. Penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga berbagai macam penyakit bisa masuk dengan mudah.

Ilutrasi (image: rappler.com)
Biasanya AIDS menular lewat hubungan seks tanpa kondom dengan orang yang sudah terkena penyakit ini atau melalui jarum suntik yang sebelumnya digunakan untuk penderita AIDS. Gejala penyakit AIDS itu sendiri susah dikenali dan baru bisa diketahui ketika sudah masuk stadium yang parah.

Jadi sangat penting untuk mengetahu gejala awal HIV AIDS agar segera bisa diobati sebelum terlanjur parah. Berikut 6 gejala HIV AIDS, seperti dilansir merdeka.com.

6. Demam

Gejala awal dari penyakit ini dapat berupa demam ringan, sakit tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Hal ini menjadi tanda bahwa virus tersebut telah memasuki aliran darah Anda dan merusak kekebalan tubuh.

5. Kelelahan

Ketika virus tersebut telah memasuki tubuh Anda, maka mereka akan menyerang sel-sel tubuh yang sehat. Sehingga dapat menyebabkan kelelahan dan kelemahan di dalam tubuh Anda.

4. Nyeri Otot

Nyeri otot terjadi sebab terjadi peradangan di kelenjar getah bening Anda. Nyeri ini pun dapat menyerang di sendi dan pangkal paha atau lutut.

3. Ruam Kulit

Sebuah ruam kulit seperti bisul dan jerawat yang tiba-tiba menyerang tubuh juga dapat menjadi tanda awal dari penyakit ini. Penyakit kulit ini terjadi beberapa saat setelah Anda terinfeksi HIV.

2. Mual, Muntah dan Diare

Diare yang terus menerus dan disertai mual dan muntah juga menjadi tanda bahwa Anda terinfeksi penyakit ini.

1. Berat Badan Berkurang dan Batuk Kering

Batuk kering dan turunnya berat badan secara drastis juga merupakan tanda awal penyakit HIV AIDS. Hal ini terjadi karena lagi-lagi disebabkan virus HIV yang menggangu kesehatan sel tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar