Kamis, 03 September 2015

Makam Nabi Muhammad SAW Akan Dipindahkan?

Masjid Nabawi (foto: wordpress.com)

Usulan pemindahan makam Nabi Muhmmad SAW di Masjid Nabawi, di Kota Madinah yang ditulis oleh akedemikus Arab jadi perbincangan publik. Pasalnya, makam Nabi Muhammad SAW dianggap suci oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Laporan di harian The Independent berjudul "Saudi Menghadapi Risiko Perpecahan Baru dengan Usulan Memindahkan Makam Nabi Muhammad" itu mengutip usulan dalam dokumen oleh seorang akedemikus yang beredar di antara pengawas Masjid Nabawi.

Dalam dokumen itu dijelaskan bahwa makam, termasuk kerangka jenazah Nabi Muhammad yang berada di Kubah Hijau Masjid Nabawi akan dipindahkan ke pemakaman al-Baqi.

Tentu saja, bocornya dokumen usulan pemindahan makam Nabi Muhammad menuai sejumlah kritik. Kepada The Independent, Senin, 1 September 2014, Direktur Yayasan Peninggalan Islam Saudi Dr Irfan al-Alawi mengatakan upaya apa pun untuk melakukan perubahan terhadap makam akan memicu kerusuhan. Langkah itu juga berisiko memicu ketegangan sektarian antara Sunni dan Syiah yang kini telah terjadi di Suriah dan Irak.

Setiap musim haji tiba, lokasi pemakaman Nabi Muhammad akan dipadati para peziarah. Tak hanya musim haji, setiap harinya saja banyak orang yang mengunjungi makam Nabi Muhammad.

(sumber: Tempo.co)

0 komentar:

Posting Komentar