Senin, 17 Agustus 2015

10 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh


Madu memang terkenal sebagai salah satu makanan yang berupa cairan seperti sirup dengan rasa yang manis dan enak. Banyak orang menambahkan madu sebagai bahan tambahan untuk makanan lainnya untuk menambah citra rasa.

Selain manis dan enak, madu murni dan asli memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh yang dapat mengobati berbagai macam penyakit. Berikut 10 manfaat madu untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir care2.

1. Mencegah kanker dan penyakit jantung

Madu mengandung flavonoid dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko terkena beberapa jenis kanker. Selain itu, madu juga dapat mencegah penyakit jantung.

2. Mengurangi bisul

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa madu dapat mengobati dan mengurangi gangguan seperti bisul dan bakteri gastroenteritis, sejenis kondisi peradangan pada saluran pencernaan yang melibatkan lambung.

3. Anti bakteri, anti jamur

Menurut direktur Unit Penelitian Madu di University of Waikato di Selandia Baru, Peter Molan, semua jenis madu merupakan anti bakteri, sebab lebah menambahkan enzim yang membuat hidrogen peroksida.

4. Meningkatkan kinerja atletik

Biasanya atlet-atlet Olimpiade akan makan madu dan buah ara kering untuk meningkatkan kinerja mereka. Hal itu sudah divertifikasi dengan sebuah studi modern yang menunjukkan bahwa madu lebih unggul dalam mempertahankan tingkat glikogen dan mempercepat waktu pemulihan dibandingkan dengan pemanis lain.

5. Menyembuhkan batuk dan mengurangi iritasi tenggorokan

Madu dipercaya dapat meredakan batuk, terutama madu soba. Dalam sebuah studi dari 110 anak, dosis tunggal dari madu soba, sama efektifnya dengan dosis tunggal dekstrometorfan yang dapat meredakan batuk pada malam hari dan memungkinkan memiliki tidur yang nyenyak.

6. Menyeimbangkan Lima Elemen

Madu telah digunakan dalam pengobatan ayurveda di India selama 4000 tahun lamanya. Dan dianggap dapat mempengaruhi tiga dari semua ketidakseimbangan dalam tubuh. Madu juga dikatakan dapat meningkatkan penglihatan, menurunkan berat badan, menyembuhkan impotensi, mual, diare, ejakulasi dini, dan masih banyak lainnya.

7. Mengatur kadar gula darah

Meskipun madu memiliki rasa yang manis, bukan berarti pemanis dalam madu itu seperti gula putih atau pemanis buatan lainnya, melainkan pemanis alami yang sangat baik untuk darah. Madu juga merupakan kombinasi antara fruktosa dan glukosa yang sebenarnya dapat membantu kadar gula darah dalam tubuh.

8. Menyembuhkan luka bakar

Madu dapat diaplikasikan secara langsung untuk mengobati luka bakar. Hal itu telah terbukti dapat mengeringkan dan menyembuhkan luka, sebab gula alami dan anti bakteri yang ada di dalam madu.

9. Probiotik

Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik pada inangnya. Nah, beberapa jenis madu memiliki sejumlah bakteri yang ramah, termasuk 6 jenis laktobasilus dan 4 spesies bifidobacteria.

10. Menyehatkan kulit

Anti bakteri dalam madu sangat berguna untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Dan apabila madu dicampur dengan bahan lain juga dapat membantu melembabkan kulit. Kalau ingin mendapatkan kulit yang sehat dan indah, menambahkan madu adalah pilihan yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar